Sunday, May 03, 2009

Yamaha RZR..


mulai hari jumat tanggal 10 april kmrn, garasi motor dirumah gw kedatangan penghuni baru..
setelah sekian lama menampung motor
smash gw dan smash bokap gw, dan jg motor pulsar pny kakak ipar gw, kali ini motor2 itu harus berbagi garasi dgn motor Yamaha RZR yg baru masuk krumah gw..
gara2 itu juga, skrg ini ga semua motor bisa masuk ke dalam rumah.. ja
di kl malem2, ada motor yg harus di korbanin untuk parkir diluar..

emang sih gw dapet motor ini tanpa ngeluarin biaya sepeser pun, alias gw dikasih.
tapi bukan berarti gw ga ngehargain motor ini. gw bner2 serius ngerawat motor ini..

gw dapet motor ini dlm keadaan parah, bisa dibilang motor ini cm rangkaian2 besi yg di rakit dan dikasi mesin & roda.. dan cuma bisa jalan dan ngerem doang.. itupun kondisinya agak kurang safety..

ga ada klakson, lampu sign, speedometer, indikator bensin, lampu2, aki, kabel2, dll..

tapi, pelan2 make uang dari tabungan gw, dan karna kebetulan lagi liburan, gw mulai bisa ngelengkapin parts nya satu-persatu..
sekarang.. bagian bodi udh lengkap, wlpn kondisinya ga terlalu mint..
tapi masih dapet kesan gaharnya..
aki jg udh di beliin, kabel2 sambungan listrik udh di pasang.. jadi skrg motor ini udh bisa klakson + lampu2nya jg udh nyala semua..
hhaha..

maklum laah, motornya itu dira
kit tahun 1995, jadi skrg ini umurnya ampir 15 tahun..
bayangin aja sm motor2 yg skrg beredar di jalanan, rata2 umurnya blm sampe 5 tahun..
kebanyakan motor yg udh diatas 10 tahun sih udh pada ga jalan.. kcuali motor2 kolektor..
kbanyakan skrg udh rusak, atau jadi seonggok besi yg ga b
erguna.. kalaupun dibawa jalan, biasanya dikatain motor tua..
tapi mnurut gw, kl diibaratin manusia.. umur 15 tahun itu tuh lagi bagus2nya untuk ngembangin diri.. asal ditanganin di tangan yg tepat, hasilnya pasti memuaskan..
umur sgini juga blm cukup untuk dikatain tua.. malah umur sgini tuh bisa dibilang baru awal menuju kematangan.. ayiikk :D
makanya, skrg ini gw lagi suka bgt ngotak-atik motor ini..

saking suka nya gw ngotak-atik motor ini, hari sabtu m
inggu lalu gw buka semua bagian2 bodi motor ini termasuk tangki dan jok.. skalian gw mau ngebersihin bagian dalam motor ini yg udh kotor banget..
awalnya sih gw cm pgn ngelepas bagian tangkinya doang.. soalnya lagi pgn gw tambel, gara2 ada bagian yg bocor..
tapi gara2 penasaran, dengan cekatannya gw ambil set box alat2 bengkel yg ada di rumah gw..
trus satu-persatu baut motor itu gw lepas.. akhirnya bagian2 bodinya lepas semua..
semuanya gw lepas dgn terampil, dan makan waktu ga sampe 10 menit..
gw cukup puas pas ngeliat motor ini kembali jadi motor bodong..

ini penampakan pas motornya bugil.. coba klik aja.

tapi itu awal mula dari kebodohan gw..
gw emang terampil sih untuk ngebongkar motor itu.. tapi ternyata gw ga cukup pintar untuk masang motor itu lagi..
berkali-kali gw coba tapi gagal.. emang bner sih kata org2, kl masang itu jauh lebih susah dari pada ngebongkarnya..
tapi gw inget lagi momen2 pas gw bawa ke bengkel, gw inget2 lagi gerakan2 mekaniknya..
perlahan gw mulai apal cara ngerakit bodi+tangki+sayap+jok n
ya..

wajar sih gw inget, soalnya gw udh sering bgt bolak-balik bengkel. jd gw mulai apal cara masangnya..
nih motor blm genap sebulan aja udh banyak penyakitnya..
mulai dari ganti busi, magnet mesin, ngelas standart, baut2 copot, oli abis, tali gas putus, karburator banjir, ban bocor, dll..
ga kurang 10x laah gw udh bolak-balik ke bengkel..
akhirnya dgn niru cara yg mekanik bengkel kerjain, motornya berhasil gw rakit ulang lg..
trus gw tambahin bbrp sticker yg gw buat sendiri, untuk nunjukin ciri jati diri gw :D..
ini pic nya :
skrg motornya udh bener lagi..
mesin udh berjalan dgn normal, tangki juga udh ga bocor, bodi2 udh gw pasang semua..
dari kejadian itu gw belajar banyak hal, salah satunya.. bsk2 kl gw mau bongkar motor, gw harus ingetin cara ngelepasnya step by step.. biar memudahin pas mau gw pasang lagi..
trus mulai skrg gw harus lebih rajin lagi meriksa kondisi motor, untuk mencegah motor itu ngalamin problem serius..

rencananya sih motor ini mau gw up grade, mulai dari penampilan fisiknya sm performa mesinnya..
cm gara2 uang gw udah abis, jadinya gw nabung dulu, sambil nunggu ide2 briliant untuk modif motor ini.
so.. tunggu aja tanggal mainnya sampe nih motor tampilannya jd lebih gahar :)

3 comments:

Anonymous said...

Weits!
jago lw Modip motor!
gw aja g ngerti.
Boror2 Modip! Duit 100rb aja gw susah bgt nyarinya!

Fajar Sulistyaningsih on May 4, 2009 at 6:20 PM said...

"gw emang terampil sih untuk ngebongkar motor itu.. tapi ternyata gw ga cukup pintar untuk masang motor itu lagi.."

haha :)

nugros on May 5, 2009 at 3:35 PM said...

kl lo punya motor 2 tak, mau ga mau lo bakal bisa ngotak-atik motor ip..

terserah lo aja deh jar..

Post a Comment

 

nugros Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino