Sunday, March 01, 2009

Great Saturday ! (Part 2)


lanjut yaa....

first impression gw ke dia positif bgt.. orangnya baik, gaya ngomongnya asyik, trus nada bicaranya lancar bgt.. sm skali ga gugup..
gw, yg biasanya kl ngomong itu lancar, ntah kenapa jadi gugup di depan dia..
karna penasaran, gw tanya ke dia "pak xxx, tempat ini udh ada sejak kapan sih? trus ko banyak bgt foto2 org3 terkenal disini??"
bukannya gw ga sopan karna nanya langsung gtu ke bapak2 yg baru gw kenal hari itu juga. tapi gw yakin, kl lo ada di posisi gw, lo bakal penasaran juga.
akhirnya dia cerita singkat ttg masa lalu tempat ini.. dan emang kata dia, ntah siapa yg mem-promosiin, banyak org2 yg dateng ke tempat dia, termasuk org2 dr dunia entertain di indo..

dan gw sm skali ga kaget sm pernyataan dia, soalnya pas gw liat bingkai fotonya, banyak bgt org2 yg gw kenal..
menteri2 kabinet yg skrg, mentri2 zaman mega & soeharto, mantan wakil presiden, pejabat2 negara, bbrp pengacara terkenal, artis2 mulai dr yg muda sampe yg tua, mantan ketua KONI pusat, bbrp org yg skrg ngejabat jadi gubernur/walikota di berbagai daerah, dan jajaran petinggi2 negara yg tampangnya gw kenal, tapi gw lupa namanya..


org2 penting itu difoto di ruangan yg sm dgn ruangan yg gw tempatin skrg.
gw bingung, ko bokap gw bisa2nya kenal sm orang se-hebat ini..
setelah gw tanyain, ternyata alesannya simple bgt..
bokap gw berkali2 ngalahin dia di final turnamen billiard amatir di jabodetabek selama rentang tahun 80-90an.. saking sering ketemu, mreka jadi akrab gtu.. dan dia sm skali ga dendam sm bokap gw, wlpn bokap gw yg ngancurin semangat dia untuk jadi atlet billiard profesional.
gw rada geli sih denger alesannya, ternyata dunia pertemanan seorang lelaki tuh luas bgt.. hhaha..
dan pas ngomongin masalah billiard ini, gw jadi inget, kl lebaran tahun lalu tuh ada suami-istri yg dtg ke rumah gw, dan si suami nya tuh antusias bgt ngomongin billiard sm bokap gw... dan ternyata setelah gw inget2, ternyata org yg dateeng ke rumah gw waktu itu tuh, pak xxx ini..
okay, flash back nya selesai, kita balik lagi ke TKP.

setelah selesai cerita, dia nanya masalah gw.. gw ceritain dgn panjang lebar..
intinya, gw kurang ngehormatin org tua, terutama nyokap..
dia nasehatin gw panjang lebar, tapi gw ga nganggep dia lg ngeguruin gw, gw bner2 sadar kl selama ini gw itu salah..
trus dia nunjukin smacam powerpoint gtu dari laptopnya, gw disuruh nonton film singkatnya..
trus gw dijelasin panjang lebar ttg "13 sikap wajib kita kepada orang tua"
gw dikasi hasil print-nya, nih gw ketik ulang, dan gw tampilin disini


13 sikap wajib kita kepada orang tua :
  1. bertutur kata yg baik dan halus dalam setiap percakapan dgn org tua.
  2. meminta izin ke org tua, ketika ingin pergi. dan usahakan mencium tangannya.
  3. bila disuruh, segera kerjakan. jangan di tunda-tunda.
  4. bila dinasehati org tua.. dengarkan, apapun isi nasehat itu.. dan jangan memotong perkataannya.
  5. bila berbicara dengan org tua, nada suara direndahkan, dan jangan melebihi nada suara org tua.
  6. senang membantu pekerjaan-pekerjaan orang tua selama dirumah.
  7. mendahulukan/memprioritaskan kepentingan orang tua. baru setelahnya kepentingan yang lain.
  8. usahakan makan bersama orang tua dirumah, dan bantu mempersiapkannya. lalu temani orang tua sampai selesai makan. jika ada urusan yg lain, minta izin orang tua sebelum meninggalkan tempat makan.
  9. tidak bohong. dan harus berkata jujur kepada orang tua.
  10. apabila berselisih dengan orang tua.. kita harus tetap menghargai pendapat orang tua kita.
  11. selalu mendoakan yg baik untuk kedua orang tua kita.
  12. merawat orang tua kita, ketika dia sakit.
  13. bila dipanggil, segera mendekat. dan menjawab dgn halus.
okay laah.. kl untuk nomor2 ky 2,9,11,12 sih masih bisa laah untuk gw kerjain, tapi untuk nomor2 yg lain, gw akuin berat bgt..
aplg ky nmr 1,4,5,10, 13.. itu berat bgt.. gw sering marah2in org tua gw, gw suka ngomong ga sopan ke meraka, dan sikap2 ga terpuji lainnya..
dia yg kyanya tau sifat gw ky gmn, akhirnya ngejelasin.. jgn sampe kita ngelawan org tua.. tindakan itu bahaya bgt mnurut dia..
baik dr segi sosial apalagi agama.. dia ngebuka al-quran trus nunjukin dalil yg meyatakan kl kita ga akan bisa masuk surga, tanpa ridho dr org tua kita.. apalagi ibu kita..
dia juga ngasi tau fakta yg valid, yg bilang kl org pertama, kedua, dan ketiga yg harus kita hormatin tuh ibu kita.. baru di posisi 4 itu ayah kita..

dia langsung nyadarin gw, dia bilang ke gw kurang lebih ky gini .. "kamu beruntung org tua kamu masih lengkap, ga ky saya.. mumpung mreka masih ada di dunia ini, kamu hormatin laah mreka. kl mreka harus ninggalin dunia dlm kondisi lagi ada masalah sama kamu, apa kamu ga nyesel??"
waktu itu gw berusaha bgt nahan air mata gw supaya ga keluar..

gw lgsg keinget pengalaman buruk temen gw..
dia berantem ringan sm nyokapnya, trus dia malah kabur dr rumah, trus ikut ngumpul sm temen2 gw.. pas lagi ngumpul2 gtu, dia ceritain masalah dia..
dan temen2 gw nyaranin dia untuk balik kerumah, trus minta maap ke org tua.. selang 2 jam dari pas anak itu kabur dari rumah, akhirnya dia pulang untung minta maap ke ibu nya.. sayang..
waktu dia udh ga cukup. pas dia pulang, dia ngedapetin ibunya dlm kondisi udh meninggal dunia.. dia stress bgt, selama bbrp minggu dia ngurung diri dikamar, sambil nangis.. gw dan temen2 gw, yg berusaha nyemangatin dia, ky ga dianggep gtu, saking udh stressnya dia..

gw ga mau kejadian ky gtu menimpa gw.. gw nyesel bgt, knapa waktu gw ngebanting vas kesayangan nyokap gw, gw ga minta maap ke dia..
yg ada, malah nyokap gw yg minta maap ke gw..

di akhir pertemuan itu, pak xxx, berusaha memotivasi ke gw untuk lebih ngehormatin org tua gw.. dan gw berusaha bgt supaya semangat gw itu ga luntur..
hari itu, tempat itu berharga bgt buat gw.. gw sama skali ga nyesel dtg kesana..
disana, kita bisa konsultasi berbagai macem masalah.. mulai dr keluarga, masa depan, rumah tangga, karir, dll..
tp emang dia spesialis dlm bidang karir, makanya, rencananya suatu saat gw pgn balik lagi ke tempat ini, untuk ngomongin cita2 gw yg pgn jadi presiden. hhaha..

ada hal menarik pas gw pgn ninggalin tempat itu..
pas mau pulang, gw kan mau ngasi dia "biaya konsultasi" yg di amplopin gtu..
tapi dgn tegas dia nolak gtu.. kata dia, "udah, simpen aja buat uang jajan kamu"
sbnernya sih gw seneng bgt kl uang itu buat gw, secara jumlahnya lebih dari uang jajan gw slama sebulan..
tapi ga enak juga, soalnya gw udh dipesenin bokap gw untuk ngasi uang itu ke dia..
gw mohon ke dia supaya mau nerima uang itu, soalnya gw takut dimarahin bokap gw, kl ga gw serahin uangn nya.
tapi ttp aja, wlpn gw paksa, dia ga mau nerima uang itu.. malah dengan kerennya, dia bilang gini sambil senyum "bilangin ke papa kamu, biaya konsultasinya, diganti sama game billiard aja, kl papa kamu udh di depok"

akhirnya setelah berkali2 gw ngucapin terima kasih ke dia, gw ninggalin tempat itu..
ga lupa gw bilang permisi ke asisten cantik di tempat itu :D..
dan pas gw keluar ruangannya, ternyata udh banyak bgt org yg ngantri pgn konsultasi.. wajar sih, soalnya gw di ruangan itu ampir 2 jam gtu..
pdhl normalnya org lain cm 1 jam doang..
akhirnya stlah gw refreshing ke salah satu mall yg ga jauh dr situ sambil malem mingguan, gw balik kerumah..
nyampe dirumah, gw langsung minta maap ke nyokap gw..

gw beruntung, masih bisa minta maap ke dia :)


1 comments:

Fajar Sulistyaningsih on March 3, 2009 at 7:05 PM said...

mungkin kedengerannya klise,
tapi gue gak tau harus komentar apa lagi selain..

*smangad ya.. :)

cerita lo menginspirasi banget.

Post a Comment

 

nugros Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino